Jumat, 07 Februari 2014

Dongeng Sri Pogowanti dan Ular Sawah Bag.2 Diceritakan Oleh Kak Sita

Image by Slamet (Foto: SP091257)
Pak Pogo dan ular sawah penunggu hutan bambu

Sita Blog: Nina Bobo - Selasa, 4 Febuari 2014 - 20:39 WIB - Setelah berkata kepada istrinya, pagi-pagi benar, saat sang surya pagi mulai terbit, pak Pogo berangkat menuju hutan bambu yang berada tak begitu jauh dari tempat tinggalnya, di ujung tepian sungai Pogowonto. Setiba di sana ia langsung menuju ke hutan, berjalan di jalan setapak di tengah pematang sawah yang saat itu padinya mulai menguning. Di hutan itu, ia tengok kiri-kanan, matanya nanar tajam mencari rebung bambu yang ditunggui oleh ular sawah sebagai mana pesan yang disampaikan pak tua dalam mimpinya kemarin malam. Ketika matanya menatap ke sebelah kanan, ia melihat ular sawah yang besar tubuhnya tidak seperti biasanya. Ular sawah itu besarnya tiga kali lipat dari ular sawah yang biasa dilihatnya. Dengan suara mendesis ular itu bicara kepada pak Pogo:
“Wahai manusia, aku adalah penunggu hutan bambu ini, apa yang kau cari di sini?”
“Ya, ular sawah penunggu hutan bambu, aku minta maaf sebelumnya karena telah mengusik keberadaanmu. Aku sudah lama tak mempunyai keturunan, dan aku dan istriku sangat mendambakan seorang anak. Semalam, aku mendapat pesan dari pak tua penguasa sungai Pogowonto lewat mimpiku, jika ingin memiliki anak harus makan rebung bambu yang ada di hutan ini dengan memintanya secara baik-baik dari ular sawah yang melilitnya”. Demikian penjelasan dari Pak Pogo kepada ular sawah penunggu hutan bambu.
“Oh, begitukah?” jawab ular sawah pendek sambil menjulur-julurkan lidahnya yang bercabang, lalu melanjutkan kata-katanya lagi, “Akan tetapi perlu kau ketahui manusia, itu tidak semudah yang engkau pikirkan, karena ada syarat berupa janji yang harus kau penuhi nanti setelah berhasil memiliki anak, apakah kau mau melakukannya?” demikian kata ular sawah kepada pak Pogo.
Pak Pogo terdiam sejenak mendengar persyaratan janji yang harus ditepati setelah berhasil memiliki seorang anak. Ia jadi ingat istrinya yang selalu menyuruhnya agar berupaya keras mencari bagaimana caranya mendapatkan seorang anak.  Akhirnya dengan tak berpikir panjang lagi, ia pun menyetujui syarat yang diberikan oleh ular sawah itu dengan berkata:
“Baiklah ular sawah, aku setuju dengan syarat yang kau berikan. Akan tetapi janji apakah yang harus aku penuhi setelah mempunyai anak nanti?”
“Mudah saja manusia, sekarang akan aku katakan syaratnya, dan dengarkanlah baik-baik! Yang pertama, jika anakmu laki-laki maka kau beruntung, aku tidak akan menuntut apa-apa darimu. Yang kedua, jika anakmu lahir perempuan, maka kau harus menyerahkannya kepadaku setelah berusia sembilan tahun. Apakah kau setuju? Pikirkanlah baik-baik, agar tak ada penyesalan nanti!” demikianlah syarat yang diutarakan ular sawah kepada pak Pogo dengan jelas dan tegas.
Mendengar persyaratan itu Pak Pogo sedikit terkesima, terutama dengan persyaratan yang kedua. Dalam hatinya ia berkata, “apakah istriku akan menyetujui dengan syarat yang kedua ini?” Akan tetapi demi hasratnya yang begitu besar untuk memiliki seorang anak, maka ia pun menyetujui kedua syarat yang diberikan oleh ular sawah penunggu hutan bambu itu, “ya mudah-mudahan saja anak yang lahir nanti laki-laki, sehingga tak ada masalah di kemudian hari.” Demikian pikir pak Pogo dalam hati.
“Baik ular sawah, aku setuju dengan kedua syarat itu. Dan, aku janji jika anak yang lahir dari istriku nanti adalah perempuan aku akan menyerahkannya kepadamu.” Jawab pak Pogo kepada ular sawah.
“Sekarang, kau ambil saja rebung bambu ini! Oya tunggu sebentar, aku akan memantrai terlebih dahulu rebung ini agar kelak setelah kau makan bersama-sama istrimu tak lama kemudian istrimu akan hamil.” Setelah memantrai rebung bambu itu dengan desisnya yang cukup panjang, ular sawah penunggu hutan bambu itu lenyap tanpa bekas. Sejenak kemudian, pak Pogo pun memangkas rebung bambu yang telah dimantrai oleh ular sawah itu dengan golok panjang yang dibawanya dari rumah tadi. Ia juga memotong pelepah daun pisang yang berada di sekitar situ untuk membukus rebung bambu yang telah dipangkasnya tadi. Setelah memasukkan kembali golok kesarungnya, lalu rebung bambu dibungkus dengan daun pisang, dan ia pun segera kembali pulang menemui istrinya di rumah.(SP091257)
Bersambung 

Sita Blog: "NINA BOBO": Dongeng Sri Pogowanti dan Ular Sawah Bag. 2 Diceri...: Pak Pogo dan ular sawah penunggu hutan bambu Sita Blog: Nina Bobo - Selasa, 4 Febuari 2014 - 20:39 WIB - Setelah berkata kepada is...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar