Minggu, 15 Juli 2018

Mpu Prapanca : "NAGARAKERTAGAMA"

Sita Blog : "SASTRA NUSANTARA"
Senin, 16 Juli 2018 - 11:35 WIB

 
Buku Nagarakertagama

2.  Peran Nagarakertagama
Sebagai Sumber Sejarah Majapahit

Dari uraian teks-teks Nagarakertagama, para ahli dapat merekonstruksi keadaan sosial, politik, kebudayaan, dan keagamaan yang ada pada saat itu dan yang berlanjut hingga saat ini. Catatan sejarah Majapahit yang tertulis dalam teks-teks kakawin menunjukkan betapa Kerajaan Majapahit mempunyai peran yang penting dalam kehidupan kenegaraan di Indonesia pada XIII, XIV, XV. Kehidupan yang ada di negara Majapahit menunjukkan betapa maju dan luasnya kebudayaan yang ada dan berkembang di Majapahit. Sistem sosial dan kekuasaan yang sedemikian luas menunjukkan betapa Kerajaan Majapahit dapat mengalami masa kegemilangan dan keemasan. Sesungguhnya di Indonesia ada suatu siklus kegemilangan dan keemasan yang menonjol setiap 700 tahun. Yang pertama abad ke-0 terlihat perpaduan budaya nenek moyang kita. Yang pertama kita bisa menunjukkan pada perkembangan awal milenium pertama pusat kekuasaan Nusantara atau Indonesia, apa pun bentuknya telah berhubungan dengan negara-negara di sekitarnya. Para pelaut Nusantara telah berlayar hingga ke Afrika Timur, Taiwan, dan sampai ke Selandia Baru. Orang-orang Indonesia diperkirakan oleh para ahli menjadi pemukim dan penduduk Pulau Madagaskar yang pertama pada permulaan milenium pertama. Pada awal abad pertama juga diakui kebudayaan Nusantara menyebar dan mempengaruhi kebudayaan, bahasa, sastra, dan kehidupan bangsa Filipina.

Pada abad ke VII kita melihat kegemilangan Sriwijaya, Kalingga, dan Mataram Hindu. Dari buku catatan yang ada kita dapat melihat  pada abad ke XIV muncul kekuasaan Majapahit. Pada abad XXI ini kita melihat betapa bangsa Indonesia memapaki proses kekuasaan dan kehidupan yang menuju kegemilangan. Kerajaan-kerajaan dan kekuasaan-kekusaan lama dapat menjadi cermin dan teladan bagaimana kita mengelola kekuasaan agar dapat berguna bagi banyak orang demi kesejahteraan rakyat. Bangsa Indonesia atau bangsa Nusantara dapat selalu berhubung dan dikaitkan dengan masa-masa sebelumnya untuk mempelajari kaitan kesejarahan dari masmasa gemilang dan juga masa-masa sulit dan kegelapan. Kegemilangan dan kekuasaan Majapahit yang luar biasa harus dijadikan pedoman teladan dan cermin agar kita bangsa Indonesia dapat melaksakan suatu masa gemilang yang pada suatu waktu menjadi contoh, teladan dan cermin bagi generasi berikutnya.


3. Prapanca Mengubah Nagarakertagama
Dalam Hening

Berdasarkan teks-teks Nagarakertagama pada bagianakhirkita bisa melihat bahwa penulis Nagarakertagama menghasilkan karya monumental ini dalam semangat sepi ing pamrih rame ing gawe. Prapanca menuliskan Nagarakertagama yang merupakan kidung pujian bagi Sang Raja dan Majapahit tanpa ada perintah. Karya Prapanca ini merupakan karya sukarela yang dikerjakan oleh inisiatif sendiri untuk memuliakan Raja M ajapahit dan leluhurnya serta kecintaan Prapanca pada Kerajaan Majapahit. Sang Kawi menghasilkan karya ini di dusun sunyi yang jauh dari pusat kerajaan dan kekuasaan. Sebuah dusun tempat menyepi yang penuh dengan bunga-bunga indah dengan alam asri menyejukkan hati.

Hal kedua yang menarik, prapanca adalah seorang Budha dan ia berkarya untuk sebuah kerajaan besar Majapahit yang diidentikkan dengan Kerajaan Hindu. Bentuk toleransi ini menjadi sangat luar biasa senapas dengan semboyan dalam kitab Sotasoma karya Mpu Tantular yang mengatakan:

“Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa”. Yang bermakna, ‘Walaupun  berbeda-beda namun satu juga, tidak ada darma, kebaikan dan kebenaran yang mendua’.
Dalam Negara Kerajaan Majapahit telah dan tetap mengalir benih toleransi beragama yang harmonis, damai, dan toleran. Dalam pupuh 77 Nagarakertagama disebut desa perdikan Hindu Siwa dan dan Hindu Wisnu. Dari situ kita bisa melihat paling tidak ada tiga aliran agama yang hidup berdampingan dengan mesra, Hindu Aliran Wisnu, dan Agama Budha. Hindu Waisnawa yang memuja Wisnu bermula sumbernya setelah letusan Gunung Merapi pada tahun 929 masehi dari raja Airlangga dan Raja-raja Kediri seperti Jayabaya yang dianggap juga titisan Wisnu. Sedangkan aliran Siwa sesungguhnya juga bermula dari Isyana Rja Medang di Jawa Timur leluhur dari Dharmawangsa dan Airlangga. Raja Isyana dikenal dengan nama Mpu Senduk. Mpu Senduk itu melambangkan Ular Kobra yang menjadi kalung Dewa Siwa. Artinya bahwa Raja Isyana menjadi kesayangan Dewa Siwa atau juga Raja Isyana adalah penganut Hindu Siwa yang tekun dan mendalam.

Hal ini secara nyata juga diungkap oleh Ken Arok Raja pertama Singasari yang juga dikenal dengan Hindu aliran Siwa. Dari kedua Hindu Siwa dan Hindu Waisnawa itulah menjadi nyata bahwa toleransi di Bumi Majapahit merupakan keadaan dan suasana yang alami turun temurun dari para raja dan rakyat sebelumnya.

Toleransi terhadap Agama Buddha juga mendapat tempat yang sama karena rakyat dan raja-raja sebelumnya ada yang beragma Buddha. Sesungguhnya kita bisa menarik benih toleransi beragama ini sejak zaman Mataram Kuno di mana agama Hindu dan Buddha juga dapat hidup saling berdampingan. Ini dapat kita contohkan keberadaan Candi Prambanan yang bernapaskan Hindu berdampingan dengan Candi Sewu dari Agama Buddha. Ada juga di sekelilingnya candi-candi Hindu seperti Candi Sambisari, Candi Kedulan, Candi Kimpulan, Candi Ijo, Candi Gebang, Candi Merak; mesra berdampingan dengan Candi Plaosan, Candi Abang, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Palgading, Candi Banyunibo yang bernapaskan Agama Buddha.

Barangkali tafsiran Slametmulyana yang mengatakan bahwa Prapanca menulis Nagarakertagama dalam suasana kesedihan, kekecewaan, marah, mendongkol, merasa hina dan tak berarti, perlu kita maknai secara lain. Sesungguhnya dalam filosofi Agama Buddha hidup ini adalah penderitaan. Prapanca adalah seorang besar yang pernah menjabat menjadi pemimpin dalam Agama Buddha dalam kerajaan Majapahit.jabatan tinggi itu meskipun penting dan berharga tetapi bukan satu-satunya sumberkebahagiaan bagi Prapanca sebagai penganut Agama Buddha. Kehilangan jabatan, pengaruh, dan kekuasaan tidak akan menjadikan seorang pengikut Buddha yang luhur akan patah arang, patah hati, dan terbenam dalam kesedihan dan kekecewaan yang mendalam dan berlebihan. Pastilah Prapanca mengerti benar kisah yang dituliskan sendiri bagaimana Raja Airlangga membagi kerajaanya untuk kedua anaknya. Kisah Airlangga ini sangatlah luar biasa. Bayangkan seorang Raja besar yang mempunyai kekuasaan sangat besar di hampir seluruh Jawa, Bali pada usia 50 tahun mengundurkan diri sebagai raja besar dan memilih menjadi seorang pertapa di Gunung Penanggungan. Itu artinya bagi seorang penganut agama yang sudah mendapatkan hidah, penerangan, pencerahan, dan roh suci akan merasakan bahwa kebahagiaan rohani lebih bernilai, bermakna dan berharga dibandingkan kebahagiaan kekuasaan, kenikmatan, dan harta. Benarlah kata pepatah: “Sura dira jaya ningrat lebur dening pangastuti”; kebahagiaan Ilahi lebih berharga danbernilai daripada kemewahan dan kenikmatan duniawi.

Dengan demikian kita bisa meraba dan menafsirkan barangkali itulah jalan kehidupan Prapanca yang harus menghadapi kedukaan, kesedihan, dan kekecewaan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari yang tak perlu diratapi maupun ditangisi. Pengalaman hidup Pranca dengan begitu justru menjadi pencerahan dan pemicu baginya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermakna bagi dirinya, keluarganya, dusun dimana ia tinggal, dan Sang Raja serta rakyat Kerajaan Majapahit. Ia tetap setia kepada Sang Raja. Ia tetap menuliskan citra poitif Kerajaan Majapahit hingga dikenal sampai saat ini. Prapanca juga dapat menjadi inspirator bagi para sejarawan modern, karena ia menuliskan sejarah dengan baik, jujur, positif dan memikat. Kesan positif, memikat, dan kolosal terlihat dari uraiannya yang begitu rinci, lengkap, dan logis tanpa berusaha menonjolkan tragedi-tragedi yang ada ataupun menutupi kebenaran sejarah. Seperti halnya Perang Bubat yang merupakan sesuatu yang sangat tragis, peristiwa ini tidak dituliskan dan diuraikan oleh Prapanca demi suatu ide yang lebih besar. Ide kejayaan Nusantara.

Prapanca membuka pintu bagi sumber-sumber lain untuk dapat memahami Perang Bubat. Prapanca sesuai nama samarannya mencoba merendah hati untuk tidak merasa mengerti segala yang ada, tidak merasa mengetahui segala hal; dalam istilah timur, aja rumangsa bisa, bisaa rumangsa. Prapanca bisa menahan diri, membatasi diri dan mengambil peran seperlunya; itulah tanda pribadi yang matang, meneb, tenang dan jiwanmukta. Jiwanmukta adalah sosok pribadi yang dapat mematikan segala nafsu dan mengerti kebenaran hakiki serta mengenal paraning dumadi. Prapanca memberikan dan menyediakan ruang yang besar bagi Sang Pencipta untuk mengisu hatinya sehingga pada akhirnya ia bisa menghasilkan mahakarya bagi Mjapahit dan Bagi Indonesia. Barangkali tepat yang dituliskan dalam Prasati Zoetmulder: “wiku haji jenek angher ing sunya” disematkan untuk Pujangga Prapanca seorang raja pendeta yang nyaman tinggal di dalam keheningan yang sempurna.


Sabtu, 14 Juli 2018 – 07:52 WIB
Posted by Ki Slamet 42 Bogor
P u s a t a k a :
Mpu Prapanca,
“Kakawin Nagaraketagama”
Teks dan terjemahan:
Damaika Saktiani, dkk
Penerbit:
NARASI Yogyakarta 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar